Sunday 23 November 2014

Identifikasi kambing Peranakan Etawa (PE) Unggul

Meningkatnya pamor kambing peranakan etawa (PE) belakangan ini, membuat harganya melambung. Kondisi tersebut terjadi karena kambing jenis ini menjadi the most wanted oleh peternak maupun penghobi. Sayangnya, dari pengamatan saya dilapangan masih sering terjadi salah identifikasi kambing PE. Beberapa pembeli awam, terutama peternak kecil terjebak oleh pemahaman kurang tepat tentang identifikasi kambing ini. Banyak dari mereka terjebak dengan identitas kepala hitam tanpa memperhatikan lebih jeli unsur yang lain, padahal yang mereka beli atau miliki adalah jenis gembala (Abligon).

Guna memudahkan dan memperjelas cara memahami ciri kambing PE, saya coba membagi pengalaman saya. Sebenarnya sudah banyak artikel online, buku dan sejenisnya yang telah menjelaskan hal ini. Untuk memudahkan, saya lampirkan visualisasi gambar bagian-perbagian dari hasil membaca dan pengalaman saya di lapangan, sebagaimana tampak di bawah ini:



Secara Umum identifikasi utama terbagi menjadi 7 bagian. Bagian 1 dan 2 adalah ciri bagian kepala dan daerah leher, ke-3 tinggi badan, ke-4 bentuk dan kondisi testis (pelanangan), ke-5 bentuk ekor, ke-6 bulu belakang dan ke-7 panjang badan. Secara lebih detail bisa terlihat dalam visualisasi gambar berikut:





Beberapa kriteria ciri fisik lainnya seperti, ketebalan badan, warna testis (lanangan) dan yang lainnya juga sering diperhatikan orang, tetapi menurut saya hal itu bukan hal pokok yang utama. Demikianlah sedikit yang bisa saya tulis untuk para pemerhati, peminat dan khususnya peternak kambing PE. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment